Total Tayangan Halaman

Rabu, 27 Agustus 2008

BAHAN RENUNGAN

1. Orang paling cerdas adalah yang paling banyak memaafkan orang lain. Dia mendasarkan sikap dan ucapannya dengan cara yang paling santun. Orang seperti itulah yang akan memberikan ketenangan kepada dirinya dan juga kepada orang lain.

2. Seringkali kenikmatan itu akan melahirkan penyesalan, kesalahan kecil bisa membawa kepada kehinaan, kemaksiatan akan berakibat pada dicabutnya nikmat, dan tertawa akan berujung pada tangisan.

3. Jangan pernah membayangkan kebahagiaan yang jauh lebih besar dari apa yang Anda rasakan. Sebab, Anda akan merugi dengan yang sudah ada pada diri Anda. Dan jangan menanti musibah-musibah yang masih akan datang, karena Anda akan dirundung keresahan dan kesedihan lebih awal.

4. Seni untuk melupakan sesuatu yang tidak disenangi adalah kenikmatan. Usaha untuk mengingat nikmat adalah kebaikan. Dan, usaha untuk melupakan cela orang lain adalah keutamaan.

5. Tidak pernah terlihat adanya ketenangan kecuali dalam kesendirian; tidak ada keamanan kecuali bersama ketaatan; tidak ada cinta kecuali bersama penepatan janji; dan kepercayaan itu hanya ada bersama kejujuran.

6. Ambillah keputusanmu dengan sesegera mungkin. Orang yang selalu menangguhkan keputusannya untuk waktu yang lama, berarti ia sendiri telah menyita waktu-waktu bahagianya berjam-jam, berhari-hari dan bahkan berbulan-bulan. Ingatlah bahwa keputusan yang sudah diambil hari ini bukan berarti tidak bisa ditinjau kembali atau diperbaiki di kemudian hari.

7. Tidak usah bersedih atas pekerjaan yang tidak bisa Anda selesaikan dengan sempurna. Harus disadari bahwa pekerjaan orang-orang besar pun tidak juga selesai dengan sempurna. Ada memang sejumlah orang yang baru bisa menjadi bahagia dan merasa puas ketika mereka berhasil menyelesaikan semua pekerjaan mereka. Seorang yang bertanggungjawab, bisa melakukan kemungkinan yang dilakukannya dengan sikap yang tidak meremehkan dan pada saat yang bersamaan juga sangat menikmati pekerjaannya.

1 komentar:

angga mengatakan...

Melangkah dg pasti